PERSIAPAN PERANG HINDIA BELANDA MENGHADAPI SERBUAN JEPANG

Hingga menjelang pecahnya perang dunia II, Angkatan Perang Kerajaan Belanda kurang memberikan perhatian kepada pembinaan dan pengembangan kekuatan kavaleri. Dalam urusan pertahanan internal saja, mereka masih mengandalkan satuan kavaleri berkuda dan kavaleri mekanis yang berintikanmobil lapis baja bersenjata senapan mesin. Sementara untuk wilayah jajahannya yang cukup luas di Asia Tenggara, para petinggi pemerintahan Hindia Belanda ini justru masih berpandangan ketinggalan zaman dengan mendewakan pasukan kavaleri berkuda peninggalan abad 19.

Dibenak mereka, toh selama ini yang dihadapi Cuma seberombolan pemberontak inlander yang bodoh, primitive dan gampang di adu domba. Cukup dengan menggelar pasukan berkuda, senapan mesin dan meriam medan, sekali babat habis perkara ! Tak sedikitpun terlintas bahwa kekuasaan yang telah digenggamnya selama ratusan tahun bakal sirna dalam sekejap oleh terjangan badai angkatan perang Kekaisaran jepang.

Diawal dekade 1940-an satu demi satu koloni Eropa di Asia Tenggara jatuh ke tangan Jepang dan ancaman penyerbuan ke Hindia Belanda telah membayang di pelupuk mata. Saat itu pemerintah Hindia Belanda di bawah Gubernur Jendral AWL Tjarda Van Starkenborg baru tergopoh – gopoh menyiapkan diri.Biar kondisi kas Negara tengah cekak, pemesanan aneka ragam senjata terpaksa dilakukan ke berbagai Negara antara lain Swedia, Inggris dan Australia. Segala daya upaya dikerahkan semata untuk memperkuat KNIL ( Koninklijke Nederlands Indische Leger ) biar siap adu otot dengan balatentara Jepang.

Celakanya, tak semua pesanan senjata itu tiba tepat waktu dan sesuai jumlah yang diminta. Tak sedikit kapal – kapal pengankut dikirim kedasar laut oleh kapal selam Jepang dan Jerman yang bergentayangan bak hantu di samudra luas. Belum lagi Negara produsen itu sendiri juga tengah kelimpungan menghadapi serbuan Jerman sehingga tentunya sebagian besar produksi senjatanya lebih dialokasikan untuk keperluan pertahanan dalam negrinya sendiri daripada dijual.

Pendek kata, persiapan militer Hindia Belanda menghadapi serbuan Jepang ibarat jauh panggang dari apinya. Segalanya masih berpatokan pada pertahanan Defensive Grondslagen ( 1927 ) yang mengasumsikan kekuatan aggressor yang bakal melabrak Nederlansche Indies paling banter  satu divisi saja.Selain itu Pasukan Belanda di Indonesia juga dibantu oleh Pasukan Sekutu ( dalam hal ini oleh tentara Inggris dan Australia ) karena perjanjian ABDACOM dalam rangka menghadapi serbuan balatentara Jepang. Termasuk Panser – panser beroda dari Australia juga disiagakan di Jawa Khususnya  ( Batavia ).

KEKUATAN LAPIS BAJA TENTARA BELANDA SEBELUM JEPANG MASUK

PANSER MARMON HERRINGTON

Panser Marmor Herrington dipakai oleh tentara Belanda / KNIL. Sebanyak 45 buah dan didistribusikan antaralain 2 di Bandung Utara, di Bandung ( 3 di Unit Mobille Eenheid, 10 di Hesusius Peleton, 5 di Punter Peleton, 17 di Ritman Kompi ), 3 di Caruban, 9 di cepu.

PANSER ALVIS STRAUSSLER

Panser Alvis Straussler dipakai oleh tentara Belanda / KNIL. Dibentuk 1 peleton 3 mobil dan terdapat 4 batalyon cavalery untuk panser Alvis tersebut.

TANK RINGAN MARMON HERRINGTON CTLS

Tank ringan Marmon Herrington CTLS tanpa senjata sebanyak 7 buah dikirim dari AS ke Jawa dan dimassukan ke dalam Satuan Kavaleri Mobille Eenheid.

TANK RINGAN MARMON HERRINGTON M/1941

Tank ringan Marmon Herrington M/1941 dipesan sebanyak 80 buah dan dikirim dengan kapal Selat Sunda tetapi berhasil ditenggelamkan oleh Jepang. Hanya 7 buah yang sempat operasional pada maret 1942. Dipersenjatai dengan senapan mesin kal. 12.7 mm dan 6mm. Berat 12.7 ton dan kecepatan 50 km/jam.

TANK RINGAN VICKERS UTILIY TRAKTOR

Tank ringan Vickers Utility Traktor digunakan untuk menarik senjata anti tank dan melatih awak/kru tank. Hindia Belanda memesan sebanyak 80 tank ini tapi Cuma dating 20 buah sedang yang 60 jatuh ketangan tentara Jerman. Datang pada pertengahan April 1940, ditempatkan di Jawa.

PANSER OVERVALWAGEN

Panser buatan dalam negri Hindia Belanda dengan casis dari Krupp. Dipakai oleh Stachswatchen Jakarta dan Bandung tahun 1941 dan dipersenjatai dengan senapan mesin anti Udara ( AA ).

PANSER MARMON HERRINGTON BUATAN AFRIKA SELATAN

Panser buatan Negara Afrika Selatan yang dipesan oleh Hindia Belanda dan dipakai untuk memepertahankan kota Yogyakarta dari serbuan Balatentara Jepang. Datang tanpa dipersenjatai dan dipersenjatai sendiri oleh KNIL.

TANK RINGAN VICKERS CARDEN LOYD M/1931

Tank ringan Vickers Carden Loyd M/1931 didatangkan tahun 1937, Cuma 2 buah.Satu tenggelam di Tanjung Priok tetapi berhasil diselamatkan, dan satunya dikirim ke Kalimantan tetapi berhasil dihancurkan oleh Jepang.

TANK RINGAN VICKERS CARDEN LOYD M/1934

Tank ringan Vickers Carden Loyd M/1931 didatangkan tahun 1937, Cuma 2 buah dan dikirim ke Kalimantan.Berkecepatan 65 km/jam, berat 3.4 ton.Dipersenjatai dengansenapan mesin kal.8mm, 7mm, 6mm dan 4mm.

TANK RINGAN VICKERS CARDEN LOYD M/1934

Tank ringan Vickers Carden Loyd M/1934 didatangkan tahun 1937, Cuma 2 buah dan ditempatkan di lapangan terbang Andir, Malang .Berkecepatan 65 km/jam, berat 3.4 ton.Dipersenjatai dengansenapan mesin kal. 7.7mm.

TANK RINGAN VICKERS CARDEN LOYD M/1934

Tank ringan Vickers Carden Loyd M/1934 didatangkan tahun 1939 – 1940, dipesan 20 buah tetapi yang dating hanya 17 buah, karena Belanda keburu di,kuasai oleh jerman tahun 1940. Dan ditempatkan di Bandung .Berkecepatan 65 km/jam, berat 3.4 ton.Dipersenjatai dengansenapan mesin kal. 6mm Vickers MG M/1923.

KEKUATAN PASUKAN LAPIS BAJA BANTUAN AUSTRALIA

PANSER HUMBER MK.II

Panser Humber MK.II dipakai oleh Australia ( Blackforce brigade / Brig Blackbrun VC ) dan ditempatkan di kota Bogor.

TANK JEPANG

Tatkala balatentara Jepang menjejakkan kakinya di Nusantara, kekuatan Kavaleri KNIL tak lebih dari sekedar beberapa puluh unit kendaraan lapis baja beroda dan belasan tank ringan plus belasan pucuk meriam antitank caliber 75 mm yang dioperasikan para personil yang kurang terlatih. Sementara sang aggressor mengerahkan puluhan tank dari berbagai jenis.Mulai dari tank ringan jenis 92 dan 95 Kyu Go ( berbobot 10 ton ) hingga tank sedang semisal jenis 1 Chi He ( berbobot 12 ton ) dan 97 Shin Hoto Chi ha ( berbobot 14 ton ). Tank Jepang pada umumnya lincah di hutan belantara Asia Tenggara dan dipersenjatai meriam caliber 37 mm. Sementara tank sedang dengan meriam caliber 57 mm.

Sebagai senjata coaxial dipilhnya senapan mesin caliber 6,5 atau 7,7 mm. Diatas kertas saja tampak jelas kekuatan keduanya tidak imbang. Karena kurangnya persiapan, terbukti dalam tempo tak sampai 3 bulan, pemerintah Hindia Belanda kudu bertekuk lutut di depan para satria samurai lapis baja.Banyak persenjataan tentara Belanda / KNIL yang berhasil direbut oleh tentara Jepang dan dipakai oleh Jepang untuk melawan tentara Belanda itu sendiri ( senjata makan tuan ).

KEKUATAN PASUKAN LAPIS BAJA TENTARA JEPANG DI INDONESIA

PANSER WHITE SCOUT CAR M31A

Panser bantuan dari Negara Amerika Serikat yang dikirim untuk membantu tentara Belanda/KNIL, banyak direbut dari tangan Belanda dan dipakai oleh kesatuan PETA & HEIHO.

PANSER HUMBER MK.II

Panser  Humber mk.II  buatan Vickers yang dipakai oleh tentara Australia dan banyak direbut oleh tentara Jepang di kota Bogor dan dipakai untuk menyerang tentara Belanda di kota Bandung.

PANSER MARMON HERRINGTON MK.III

Panser Marmon Herrington Mk.III yang dikirim dari Negara Afrika Selatan banyak 49 buah.Berat 6 ton, kecepatan 90 km/jam.Beberapa berhasil direbut dari tangan KNIL, terbanyak di Bandung dan dipakai oleh satuan kavaleri tentara Jepang ( Kido Butai ).

TANK RINGAN TYPE 94 ( TANKETTE )

Tank Type 94 Tankette milik tentara Jepang ( dalam kesatuan 48th Recon Regiment ) di Lendeteves, Surabaya, Jawa Timur, dioperasikan bersama Tank Marmon Herrington M/1941 dan kesatuan ini lebih dikenal dengan Kitahama Butai.

TANK RINGAN TYPE 95 HA-GO

Tank Type 95 Ha-go milik tentara Jepang dibawah pimpinan Kol. Shoji dalam kesatuan Detasemen Shoji  ( dalam kesatuan Anai Tankette Unit ).

TANK RINGAN TYPE 95 SO-KI

Tank Type 95 So-Ki milik tentara Jepang ( dalam kesatuan 2th Recon Regiment ) di Tjililitan, Jakarta dan dipakai untuk merintangi usaha Jepang terhadap Indonesia yang akan memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia di Lapangan Banteng, Jakarta tanggal 17 Agustus 1945.

TANKETTE ( TANK TYPE 88 )

Tank Type 88 Tankette milik tentara Jepang dalam Kesatuan 4nd Regiment Tankette Unit yang ditempatkan di jawa.

TANK MEDIUM TYPE 89 I-GO

Tank Type 89 I-Go merupakan Tank Medium milik tentara Jepang dalam Kesatuan 3nd Regiment Tank yang ditempatkan di Jawa.

TANK MEDIUM TYPE 97 HO-KA AWM

Tank Type 97 Ho-Ka AWM merupakan tank Medium ampibi milik tentara Laut Jepang dalam kesatuan Sakaguchi Detasemen.

TANK TYPE 95 HA-GO

Tank Type 95 Ha-go milik tentara Jepang setelah pertempuran merebutkan Tarakan, Kalimantan. Ada 1 kompi Tank ringan ini yang dipakai oleh Jepang (masuk kesatuan Grup 56 Infanteri Tankette Unit) untuk mempertahankan pulau Tarakan dari serbuan pasukan Sekutu. Dan ada yang ditempatkan di Irian jaya masuk dalam Kesatuan 38th Division Tankette Unit.

TANK TYPE 100 TE-RE ( ARTILERY OBSERVER VEHICLES )

Tank Type 100 Te-Re milik Tentara Darat Jepang dalam kesatuan 2nd Recon Regiment yang ditempatkan di Jawa.

TANK AMPIBI TYPE 97 AWM

Tank Ampibi Type 97 AWM yang tergabung dalam kesatuan Special Naval Landing Force milik tentara Laut Jepang yang ditempatkan di Jawa.

1 Response so far »

  1. 1

    Reinhard Kurniawan said,

    permisi pak, tolong tulisan anda secepatnya dilengkapi narasumber/referensi/catatan kaki/dari mana sumber informasi yang anda dapat dari anda tulis. Apakah dari situs internet, buku-buku sejarah, video dokumenter perang dunia II atau dll, supaya para pengunjung/pembaca dapat mempercayai dan anda bisa mempertanggungjawabkan tulisan anda Terima Kasih


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: